Makalah Pengelolaan Pengajaran dalam Pencapaian tujuan Pendidikan


BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang Masalah
Untuk melaksanakan tugas dalam meningkatkan mutu pendidikan maka diadakan proses belajar mengajar, guru merupakan figur sentral, di tangan gurulah terletak kemungkinan berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan belajar mengajar disekolah. Oleh karena itu tugas dan peran guru bukan saja mendidik, mengajar dan melatih tapi juga bagaimana guru dapat mebaca situasi kelas dan kondisi siswanya dalam menerima pelajaran.
Untuk meningkatkan peran guru dalam proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa, maka guru diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akanmampu mengelola kelas. Karena kelas merupakan lingkungan belajar serta merupakan suatu aspek dari lingkungan sekolah yang perlu diorganisir. Lingkungan ini oerlu diatur dan diawasi agar kegiatan-kegiatan belajar terarah kepada tujuan-tujuan pendidikan.
Pengelolaan kelas adalah semua upaya dan tindakan guru membina, memobilisasi, dan menggunakan sumber daya kelas secara optimal, selektif dan efektif untuk menciptakan kondisi atau menyeleseikan problema kelas agar proses belajar mengajar dapat  berlangsung wajar.
Suatu kondisi belajar optimal dapat tercapai jika guru mampu mengatur siswa dan sarana pengajaran serta mengendalikannya dalam suasana yang menyenangkan dalam mencapai tujuan pengajaran.

B.   Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari latar beakang di atas adalah:
1.    Bagaimana Tujuan Pengelolaan Kelas?
2.    Bagaimana Perinsip-Perinsip Pengelolaan Kelas?
3.    Bagaimana Peranan Pendidik dalam Pengelolaan Kelas?

C.   Tujuan Penulisan
Tujuan penulisan makalah ini adalah :
a.    Untuk mengetahui lebih jelas dan tepat tentang tujuan pengelolaan kelas agar kita datat mengolah kelas dengan baik hingga proses belajar mengajar mencapai tujuan yang ingindicapai.
b.    Untuk mengetahui prinsip-prinsip pengelolaan kelas. Dalam prinsip-prinsip pengelolaan kelas, kita di harapkan mampu disiplin dan berpedoman kepada prinsip-prinsip pengelolaan kelas agar dalam proses belajar mengajar bisa lebih berkualitas.
c.    Untuk memperjelas bagaimana peranan pendidik dalam mengolah kelas.dalam hal ini, pendidik di tuntut untuk mengolah kelas yang efektif dan efesien dalam meningkatkan mutu belajar peserta didik.


BAB II
PEMBAHASAN
A.   Tujuan Pengelolaan Kelas
Dilihat dari pihak guru, keberhasilan kegiatan belajar mengajar bukan hanya ditentukan oleh kemampuannya dalam menguasai bahan pelajaran, tetapi juga dipengaruhi oleh kemampuannya mengelola kelas. Hasil hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat tujuh indikator yang menunjukan lemahnya kinerja guru dalam melaksanakan tugas utamanya    mengajar. Salah satunya adalah kurangnya kemahiran guru dalam mengelola kelas disamping rendahnya pemahaman tentang strategi pembelajaran, rendahnya kemampuan melakukan dan memanfaatkan penelitian tindakan kelas, rendahnya motivasi berprestasi, kurang disiplin, rendahnya komitmen profesi dan rendahnya kemampuan manajemen waktu. ( Mulyasa, 2007 ).
Keterampilan mengelola kelas merupakan kemampuan guru dalam mewujudkan dan mempertahankan suasana belajar mengajar yang optimal. Kemampuan ini erat kaitannya dengan kemampuan guru untuk menciptakan kondisi yang menguntungkan, menyenangkan peserta didik dan penciptaan disiplin belajar secara sehat. Mengelola kelas meliputi mengatur tata ruang kelas untuk pebelajaran dan menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif. Dalam kaitan ini sedikitnya terdapat tujuh hal yang harus diperhatikan yaitu ruang belajar, pengaturan sarana belajar, susunan tempat duduk, penerangan, suhu, pemanasan sebelum masuk ke materi yang akan dipelajari (pembentukan dan pengembangan kompetensi) dan bina suasana dalam pembelajaran (Mulyasa, 2007 ).
Dalam pengaturan ruang belajar hendaknya diperhatikan hal-hal sebagai berikut:
a.    Bentuk dan luas ruang kelas;
b.    Bentuk serta ukuran bangku atau kursi dan meja siswa;
c.    Jumlah siswa pada tingkat kelas yang bersangkutan;
d.    Jumlah siswa  dalam tiap kelas;
e.    Jumlah kelompok kelas;
f.     Jumlah siswa dalam tiap kelompok dan;
g.    kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. ( Soetjipto dan Raflis Kosasi , 2007 ).
Sehubungan dengan itu, maka tujuan dari pengelolaan kelas adalah :
a.    Mewujudkan situasi dan kondisi kelas yang memungkinkan peserta didik mengembangkan kemampuan secara optimal;
b.    Mempertahankan keadaan yang stabil dalam suasana kelas, sehingga bila terjadi gangguan dalam belajar mengajar dapat dieleminir;
c.    Menghilangkan berbagai hambatan dan pelanggaran disiplin yang dapat merintangi terwujudnya interaksi belajar mengajar;
d.    Mengatur semua perlengkapan dan peralatan yang memungkinkan peserta didik belajar sesuai dengan lingkungan sosial, emosional, dan intelektual  peserta didik dalam kelas;
e.    Melayani dan membimbing perbedaan  individual peserta didik..( Mulyani dan Johar, 1988 )
Menurut Syaiful Bahri Djamarah ( 2005 ) semua komponen keterampilan mengelola kelas mempunyai tujuan,  baik untuk anak didik maupun untuk guru, yaitu:
1.    Untuk Anak Didik
a.    Mendorong anak didik mengembangkan tanggung jawab  individu  terhadap tingkah lakunya dan kebutuhan untuk mengontrol diri sendiri;
b.    Membantu anak didik mengetahui tingkah laku yang sesuai dengan tata tertib kelas dam memahami bahwa teguran guru merupakan suatu peringatan dan bukan kemarahan;
c.    Membangkitkan rasa tanggungjawab untuk melibatkan diri dalam tugas dan pada kegiatan yang diadakan.
2.    Untuk Guru
a.    Mengembangkan pemahaman dalam penyajian pelajaran dengan pembukaan yang lancar dan kecepatan yang tepat;
b.    Menyadari kebutuhan anak didik dan memiliki kemampuan dalam memberi petunjuk secara jelas kepada anak didik;
c.    Mempelajari bagaimana merespon secara efektif terhadap tingkah laku anak didik yang mengganggu;
d.    Memiliki strategi remedial yang lebih komprehensif yang dapat digunakan dalam hubungannya dengan masalah tingkah laku anak didik yang muncul di dalam kelas.

B.   Prinsip-Prinsip Pengelolaan Kelas
Prinsip adalah asas, dasar, acuan, panduan atau pedoman bagi sesorang untuk melakukan tindakan atau perbuatan yang dianggap atau diyakininya benar terhadap sesuatu hal. Dalam perannya sebagai pengelola kelas, guru dapat melaksanakan tugas-tugas pengelolaan kelas dengan memperhatikan prinsip-prinsip sebagai berikut :
1.    Kehangatan dan keantusiasan.
Guru yang hangat dengan anak didik selalu menunjukan antusias pada tugasnya atau pada aktivitasnya akan berhasil dalam mengimplimentasikan pengelolaan kelas.
2.    Tantangan.
Penggunaan kata-kata, tindakan, cara kerja atau bahan dengan sajian yang menantang akan meningkatkan gairah dan menarik perhatian anak didik untuk belajar, sehingga mengurangi kemungkinan munculnya tingkah laku yang menyimpang.
3.    Bervariasi.
Penggunaan alat atau media, atau alat bantu, gaya mengajar, dan pola interaksi akan mengurangi munculnya gangguan dan meningkatkan perhatian anak didik. Apalagi bila penggunaannya bervariasi, sesuai dengan kebutuhan sesaat, merupakan kunci tercapinya pengelolaan kelas yang efektif dan menghindari kejenuhan dalam proses belajar mengajar
4.    Keluwesan.
Apabila guru mendapatkan hambatan dalam perilaku peserta didik, guru dapat merubah strategi mengajarnya. Perubahan strategi mengajar ini memungkinkan untuk dapat menghilangkan gangguan dalam belajar serta menciptakan iklim mengajar yang efektif.
5.    Menekankan hal-hal positif.
Pada dasarnya mengajar dan mendidik menekankan hal-hal yang positif dan menghindari pemusatan perhatian pada hal-hal yang negatif. Penekanan pada hal-hal yang positif yaitu penekanan yang dilakukan guru terhadap tingkah laku anak didik yang positif. Penekanan tersebut dapat dilakukan dengan pemberian penguatan yang positif dan kesadaran guru untuk menghindari kesalahan yang dapat mengganggu jalannya proses interaksi educatif.
6.    Tanamkan disiplin diri.
Tujuan akhir dari pengelolaan kelas adalah anak didik dapat mengembangkan disiplin diri sendiri. Karena itu guru sebaiknya mendorong anak didik untuk melaksanakan disiplin diri dan menjadi teladan dalam pengendalian diri dan pelaksanaan tanggung jawab.

C.   Peranan Pendidik dalam Pengelolaan Kelas
Peran guru sangat besar dalam pengelolaan kelas, karena guru sebagai penanggung jawab kegiatan belajar mengajar di kelas. Guru merupakan sentral serta sumber kegiatan belajar mengajar. Guru harus penuh inisiatif dan kreatif dalam mengelola kelas, karena gurulah yang mengetahui secara pasti situasi dan kondisi kelas terutama keadaan siswa dengan segala latar belakangnya.
Dalam kaitannya dengan tugas pengelolaan kelas ada beberapa peran guru yang harus dilakukan sebagai berikut:
1.    Peran Guru Sebagai Pengajar (Instructional)
Peran ini mewajibkan guru menyampaikan sejumlah materi pelajaran yang berupa informasi, fakta serta tugas dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa sesuai dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang telah ditetapkan. Untuk itu guru harus menguasai materi pelajaran, metode mengajar dan teknik-teknik evaluasi. Dalam peran ini guru dianggap sebagai sumber informasi dan sumber belajar utama. Oleh karena itu guru harus selalu menambah dan memperluas wawasannya dengan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang berkembang saat ini.
Dalam melaksanakan perannnya sebagai pengajar hal-hal yang harus dilakukan oleh guru adalah menyusun program pengajaran, membuat persiapan mengajar, menyiapkan alat peraga, merencanakan dan menyiapkan alat evaluasi, mengatur ruang kelas dan tempat duduk siswa.
2.    Peran Guru Sebagai Pendidik (Educational)
Selain ditugaskan sebagai pengajar guru juga diberikan tugas sebagai pendidik yaitu mengantarkan siswa menjadi manusia dewasa yang cerdas dan berbudi luhur. Dalam hal ini peranan guru dalam pembentukan sikap, mental dan watak sangat dominan. Dalam arti kata lain guru akan diposisikan menjadi orang tua kedua yaitu pengganti orang tua siswa di sekolah. Oleh sebab itu guru harus memperhatikan siswa terutama sikap, tingkah laku, ketertiban dan kedisiplinannya. Disamping itu guru juga harus bisa mengkondisikan dirinya sebagai panutan bagi semua siswa yang dididiknya. Seperti kata pepatah ”guru kencil berdiri murid kencing berlari”.
 3.    Peran Guru Sebagai Pemimpin (Managerial)
Peran ini bukan saja pada saat proses belajar mengajar berlangsung tetapi juga sebelum dan sesudah pelajaran berlangsung. Guru adalah pemimpin dan penanggung jawab utama di kelasnya. Oleh karen aitu yang terjadi di kelas dan yang berkaitan dengan siswa secara langsung atau tidak langsung menjadi tanggung jawab guru. Sehubungan dengan itu guru harus banyak tahu tentang latar belakang siswa-siswanya, baik segi sosial, ekonomi maupun budaya.
Sebagai pemimpin kelas guru harus mengadakan hubungan dengan sekolah lain, masyarakat sekitar termasuk dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungannya.


BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Tujuan pengelolaan kelas adalah berjalannya proses belajar mengajar dengan dengan baik dan mencapai tujuan yang diharapkan. Dalam mengolah kelas, guru diharapkan mampu mengidentifikasi cara-cara mengolah kelas.
Prinsip pengelolaan kelas sebagai berikut:
1.    Kehangatan dan keantusiasan.
2.    Tantangan.
3.    Bervariasi.
4.    Keluwesan.
5.    Menekankan hal-hal positif.
6.    Tanamkan disiplin diri.
Dalam kaitannya dengan tugas pengelolaan kelas ada beberapa peran guru yang harus dilakukan sebagai berikut:
1.    Peran Guru Sebagai Pengajar (Instructional)
2.    Peran Guru Sebagai Pendidik (Educational)
3.    Peran Guru Sebagai Pemimpin (Managerial)

B.   Saran-Saran
Penulis menganggap bahwa dalam penyusunan makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, kritikan dan saran yang bersifat membangun, mendidik masih sangat kami harapkan demi perbaikan makalah selanjutnya.


DAFTAR PUSTAKA
Abu Ahmadi, dan Ahmad Rohani. Pedoman Penyelenggaraan Administrasi Pendidikan Sekolah. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1991.
Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru Profesional. Cet. VI: Bandung: Rosda Karya, 1995.
Hadi, Sutrisno. Methodologi Research. Jilid I. Yogyakarta: Fak. Psikologi UGM, 1992.
                                                                                                                                                   



Terima Kasih atas kunjungan anda. Perbaharui terus artikel, makalah, pendidikan islam dan buku-buku terbaru atau terupdate serta tips dan trik dari pustakazham, pustakaazham.
Tag: makalah Pendidikan, makalah psikologi, makalah filsafat dan makalah biologi.


Silahkan masukkan email anda
Enter your email address:


Delivered by FeedBurner

1 komentar: